BERITA DRN TERKINI

 

Pada hari Rabu tanggal 7 Juni 2017, Komisi Teknis Pangan dan Pertanian mengadakan rapat yang ketiga di Ruang Rapat DRN, Gedung BPPT I, Jl. M.H. Thamrin No.8. Rapat dihadiri oleh Dr. Ir. Haryono, M.Sc (Ketua Komtek Pangan & Pertanian), Dr. Ir. Iding Chaidir, M.Sc (Sekretaris DRN), Sakri Widhianto, S.Teks, MM, Ir. Utama Kajo, Prof. Dr. Herdis, M.Si (Asisten Komtek Pangan & Pertanian), Prof. Dr. Suyanto Pawiroharsono (Staf Profesional) dan serta para staf sekretariat.

Rapat tersebut membahas mengenai isu-isu permasalahan pergeseran pola konsumsi, impor gandum yang meningkat, industri pangan lokal yang tidak berkembang (bahan dasar yang belum terstandarisasi, skala usaha masih kecil, dan lokasi tersebar acak), kebijakan Pemerintah mengutamakan beras sebagai bahan pokok sehingga pangan lokal terabaikan, kebijakan riset serta kebijakan pangan dan pangan lokal yang berlaku saat ini.

Kesimpulan dalam rapat tersebut terdapat butir-butir rekomendasi, yaitu perlu membuat pembangunan hulu hilir pangan dengan pendekatan industralisasi, melakukan sosialisasi e-marketing di kalangan petani, adanya pembinaan Pemerintah dalam standarisasi proses dan kualitas produk bahan dasar pangan lokal serta perlu penegakan aturan penyerapan produk lokal sebagai prasyarat impor dan bahkan intinya Negara harus menjadikan pangan lokal sebagai bagian dari pemenuhan pangan Nasional. Pertemuan rapat selanjutnya akan membahas Briefing Note Pangan dan Pertanian. (Notulensi H / Edit ESA)

 
Lihat Foto Lainnya