BERITA DRN TERKINI

 

Bertempat diruang rapat Gedung BPPT I, Jl. M.H Thamrin No.8. Pada Hari Senin tanggal 08 Mei 2017 Komisi Teknis Material Maju melaksanakan rapat keduanya yang dihadiri oleh Dr.Ir. Utama Herawan Padmadinata ( Ketua komisi teknis Material Maju ), Dr.Ir. Iding Chaidir, M.Sc ( Sekretaris Dewan Riset Nasional ), Prof.Dr. Ridwan, Prof.Dr.Ir. Bambang Sunendar, M,Eng, Ir. Budi Susanto Sadiman, Prof. Ir. Jamasri, Ph.D, Dr.Ir. Ahmad Sobandi, M,Eng, Dr. Dwi Gustiono ( Asisten Komisi teknis Material Maju ),dan Serta para staff Sekretariat.

Dalam Rapat membahas  Agenda :

Profosal Focus Group Discussion (FGD) & Policy Brief

Dalam pembukaan rapat ketua Komisi teknis Material Maju  menyampaikan Topik pembahasan rapat kali ini Proposal FGD dan Policy Breif  komisi teknis Material Maju harus lebih dibahas bersama lebih dalam sebagai kegiatan riset dan teknologi di Indonesia. Dengan saran dan pemikiran yang berkoordinasi dengan anggota komisi teknik sesuai dengan bidangnya.

Komisi teknis Material Maju mengangkat permasalahan tentang “KEBIJAKAN DAN PEMANFAATAN LIMBAH”, Contohnya Biomassa. Yang dibahas bersama dengan semua anggota Komisi teknis Material Maju.

Biomassa adalah energi yang dibuat untuk bahan bakar yang didapatkan dari sumber alami yang dapat diperbarui.

Inovasi pemanfaatan limbah biomassa diIndonesia untuk dijadikan bahan material maju sangat cocok, karena diIndonesia limbah Biomassa dalam bentuk Selulosa banyak tersedia. Selulosa adalah senyawa organik yang paling umum di Bumi. Sekitar 33% dari semua materi tanaman adalah selulosa (isi selulosa dari kapas adalah 90% dan dari kayu adalah 40-50%). Selulosa tidak dapat dicerna oleh manusia, hanya dapat dicerna oleh hewan yang memiliki enzim selulase.

a.  Industri Potensial limbah Biomassa mencangkup :

o   Industri Komestik

o   Industri Elektronik ( Berupa komponen )

o   Industri membrane kertas

o   Industri Farmasi

o   Industri bahan Kimia

 

b.  Rencana tujuan pembangunan Teaching Industry ( TRL 8 ) :

o   Pengembangan dari Litbang

o   Pengembangan dari Perguruan Tinggi

o   Inovasi dalam Negeri

o   Harus adanya kebutuhan pasar yang digunakan Masyarakat

o   Bukan untuk pengembangan industri saja bisa masuk kesektor bisnis

 

c.  Pemanfaatan Biopolymer ( Biopolymer adalah polimer yang secara alami ditemukan di alam.) yang bisa digunakan untuk :

o   Landasan diarea Bandara

o   Jalan-jalan tikungan

o   Jalan diprapatan atau pertigaan

 ( FA )

 
Lihat Foto Lainnya