BERITA DRN TERKINI

Download

SAMBUTAN

Dengan mengucap puji syukur ke hadirat Allah, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dapat menerbitkan buku Outlook Energi Indonesia 2013 (OEI 2013) ini. Sejak tahun 2009 BPPT secara berkala telah menerbitkan buku OEI dan buku OEI 2013 ini merupakan terbitan yang kelima.

Buku OEI 2013 ini membahas tentang permasalahan energi saat ini, proyeksi kebutuhan dan pasokan energi untuk kurun waktu 2011-2030. Disamping itu OEI 2013 juga membahas berbagai aspek dalam pengembangan energi nasional di masa mendatang yang merupakan isu-isu penting dipertimbangkan dan dikupas secara khusus dalam buku OEI 2013 ini.

Akhir-akhir ini ada dua isu yang menjadi perhatian nasional, yaitu pelaksanaan Undang-undang Nomor 4 Tahun 2009, tentang kewajiban industri pertambangan mineral untuk melaksanakan pengolahan bahan tambang sebelum diekspor selambat-lambatnya tahun 2014, serta peningkatan impor bahan bakar minyak yang sangat mempengaruhi alokasi subsidi energi. Dalam buku OEI 2013 ini diulas secara khusus dua kasus pemenuhan kebutuhan energi pada peningkatan nilai tambah mineral dan substitusi bahan bakar pada sektor transportasi untuk mengurangi dominasi penggunaan bahan bakar minyak. Masing-masing kasus akan memberikan gambaran tentang strategi yang dapat diambil dalam menyediakan energi untuk memenuhi kebutuhan energi. Dalam buku ini juga dibahas secara rinci berbagai kemungkinan dalam penyediaan energi baik energi fosil, energi terbarukan maupun pengembangan pembangkit listrik. Keterkaitan antara sektor pengguna dan penghasil energi dengan pembangunan ekonomi, kebijakan serta teknologi yang prospektif untuk dikembangkan dimasa mendatang menjadi perhatian dan pertimbangan dalam menyusun buku OEI 2013 ini.

Besar harapan kami agar hasil analisis dan kajian yang dituangkan dalam buku ini dapat menjadi masukan yang bermanfaat bagi pemerintah, swasta, industri, masyarakat serta pihak lain khususnya investor, pengelola maupunpengembang sektor energi di Indonesia dalam mendukung pembangunan nasional.

Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada tim penyusun serta semua pihak yang telah

memberi dukungan dan bantuan sehingga buku ini bisa diterbitkan. Kami menyadari masih ada kekurangan baik dalam pembahasan maupun dalam penulisan pada buku ini, untuk itu diharapkan adanya sumbang saran maupun kritik untuk perbaikan dan penyempurnaan padapenerbitan buku OEI berikutnya.

 

Jakarta, Desember 2013

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Kepala

 

Dr. Marzan A. Iskandar