BERITA DRN TERKINI

 

Download

Buku ini pada dasarnya adalah kulminasi dan saksi pemikiran Dewan Riset Nasional (DRN) tentang pentingnya inovasi sebagai dasar pembangunan ekonomi di Indonesia. Dengan gigih, DRN periode 2015-2018 dan periode 2019-2022 berjuang untuk itu. Perjuangan terpenting adalah usul DRN untuk menerbitkan Undang-Undang Inovasi dan masukan agar inovasi menjadi bab dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2018. Lebih dari 30 mitra DRN kita ajak berdiskusi, dari universitas, DPR, MPR, DRD, sampai organisasi-organisasi masyarakat.

Pemikiran DRN tentang perlunya inovasi sebagai dasar pembangunan ekonomi tiba-tiba seperti mendapat pasokan energi ide yang sangat kuat ketika Paul M. Romer memenangi Nobel 2018, dengan tesis dasarnya: “Ilmu pengetahuan akan menjadi pengarah ekonomi jangka panjang, dan inovasi adalah pengarah utama pembangunan ekonomi”. Itulah sebabnya sekarang hampir semua negara menggunakan istilah “ekonomi inovasi”.

Para penyunting buku ini berhasil mengemas pemikiran menjadi beberapa arus utama: mengapa inovasi penting, bagaimana pengalaman negara-negara di dunia menjalankan ekonomi inovasi, pemikiran Paul M. Romer tentang inovasi, dan yang terakhir adalah buku ini mencoba mengusulkan Langkah 4-M untuk Inovasi Indonesia.

Terima kasih kepada para penulis dan penyunting serta DRD yang menyumbangkan tulisan dan pemikirannya. Insya Allah, buku ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tambahan acuan atau referensi mengenai inovasi, yang amat-sangat langka di Indonesia. Buku ini mengajak kita bergegas menjalankan aksi strategi ekonomi inovasi di Indonesia. Bukan hanya visi.

 

 

Jakarta,   Agustus 2020

 

Dr. Ir. Bambang Setiadi, IPU 

 
Selengkapnya.....