BERITA DRN TERKINI

 

Download

PRAKATA PENYUNTING

Menulis, kata seorang penyair adalah bekerja untuk keabadian.  Terlebih jika yang ditulis adalah persoalan  crucial  seperti inovasi, tulisan dimaksud akan menjadi fundamen pembangunan bangsa dan menjadi catatan sejarah untuk generasi yang
akan datang.
Selama dua tahun terakhir,  Dewan Riset Nasional (DRN)  terus berjuang menggelorakan pentingnya inovasi dalam mewujudkan daya saing dan kemandirian bangsa baik melalui  revisi UU no 18 tahun 2002 maupun penyusunan naskah akademik untuk mencari kemungkinan diterbitkanya Undang- Undang tentang inovasi sendiri. Pemikiran-pemikiran tentang inovasi dibedah baik melalui kajian pustaka dan diskusi internal maupun pertemuan dengan berbagai stakeholder eksternal mulai dari Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN), Asosiasi Ilmuwan Muda, Forum Profesor Riset Nasional, Ikatan Alumni Program Habibie (AOBIE), Ikatan Alumni Jerman (IAJ), Ikatan Alumni BPPT, Ikatan Alumni Lemhanas, Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN), Deputi KSP, Pansus Revisi UU 18 tahun 2002 maupun berbagai fraksi di DPR. Pemikiran-pemikiran yang berserak tersebut perlu dihimpun  agar tidak hilang dari pusaran sejarah.
Isi buku ini dimuai dari uraian tentang  the state of the art  inovasi mengalir dengan latar belakang pentingnya inovasi, pengertian inovasi, posisi Indonesia dalam inovasi dan tantangan mewujudkan ekosistem inovasi. Bagian kedua berisi pergulatan pemikiran inovasi dari berbagai perspektif. Sub kedua bagian pertama dimulai dengan pemikiran tentang kebijakan,  kelembagaan  dan strategi  inovasi dari berbagai perspektif. Sub kedua bagian kedua uraian khusus kebijakan inovasi dibidang industri dan sub kedua bagian ketiga berisi uraian tentang praktek baik  (good practices) dari berbagai bidang mulai dari pertanian dan pangan, I.T, kesehatan sampai dengan lingkungan dan sosial.  
Pemikiran-pemikiran yang bergulir di DRN dikompilasi dalam bentuk Bunga Rampai yang sesungguhnya menjadi basis penyusunan peraturan per undangan yang sedang digodog..  Semoga kumpulan tulisan ini menginspirasi dan bermanfaat untuk anak bangsa dalam upayanya mewujudkan kemandirian dan daya saing. 

 
Selengkapnya.....