BERITA DRN TERKINI

Download

 

KATA PENGANTAR

KETUA DEWAN RISET NASIONAL

 

Pertama-tama perkenankan kami memanjatkan Puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas terbitnya buku “Kebijakan Riset-Iptek-Inovasi Menuju Bangsa Yang Berdaya Saing” ini. Buku ini disusun sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban DRN kepada publik tentang kegiatan dan hasil yang dicapai selama tahun 2013. Sesuai dengan Kepres Nomor 16 Tahun 2006, Anggota Dewan Riset Nasional diangkat oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi untuk setiap periode 3 tahun. Pengukuhan anggota DRN periode 2012-2014 dilaksanakan pada awal tahun 2012, dan hingga saat buku ini disusun, 8 Komisi yang ada di DRN telah melaksanakan berbagai kegiatan di tahun kedua sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Pendapat dan pemikiran para anggota DRN menyangkut kebijakan pengembangan iptek dan inovasi menjadi dasar pembuatan buku ini. Bahan yang diperoleh adalah artikel yang disusun oleh para anggota DRN baik yang pernah disampaikan dalam FGD maupun Workshop selama kurun waktu tahun 2013. Topik yang dikemukakan pada umumnya berkaitan dengan isu lintas bidang yang berkaitan dengan kebijakan pembangunan iptek memasuki RPJMN III dan Era Globalisasi Perdagangan ASEAN 2015.

Penerbitan buku ini dapat terwujud setelah melalui kerjasama dari berbagai pihak terutama para Anggota DRN, Staf Profesional DRN, Tim Asistensi, dan Sekretariat DRN. Belum semua materi dapat dikumpulkan karena pada saat buku ini disusun, kegiatan DRN tahun 2013 masih berjalan. Atas jerih payah yang telah dilakukan, kami mengucapkan terima kasih.

Kami berharap buku ini dapat bermanfaat sebagai referensi sekaligus pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan DRN pada periode 2013, khususnya dalam memberikan masukan bagi pembangunan iptek khususnya penguatan kegiatan riset, iptek dan inovasi menuju bangsa yang lebih berdaya saing.

Jakarta,   November 2013

 Ketua Dewan Riset Nasional

 

Prof Dr Ir. Andrianto Handojo