BERITA DRN TERKINI

Download

 

KATA PENGANTAR

KETUA DEWAN RISET NASIONAL

Berangkat dari istilah Sistem Inovasi Nasional, diperlukan lebih lanjut pemahaman seluk beluknya dan pembahasan mengenai usaha implementasinya.

Istilah itu sendiri terdapat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014 yang tertuang sebagai Peraturan Presiden No.5 Tahun 2010. Sementara secara ringkas, sistem inovasi diartikan sebagai jaringan berbagai elemen atau pelaku yang interaksi bersamanya mendorong modifikasi dan pemakaian teknologi-teknologi baru secara bermanfaat bagi ekonomi negara.

Kiranya jelas bahwa hubungan kerjasama atau kemitraan antara berbagai pihak yang terlibat merupakan syarat yang perlu didalami demi penguatan sistem inovasi yang ditujukan pada peningkatan daya saing.

Melanjutkan sejumlah kajian, lokakarya dan diskusi yang intensif mengenai Sistem Inovasi Nasional selama ini, Dewan Riset Nasional (DRN) menggagas penerbitan buku yang mengupas aspek kemitraan dalam sistem inovasi. Buku Kemitraan dalam Penguatan Sistem Inovasi Nasional dimaksudkan untuk memperkukuh pemahaman sebagai landasan guna mengusulkan masukan kebijakan di bidang riset dan teknologi yang merupakan tugas DRN. Di samping itu, buku ini diharapkan dapat memperkaya khasanah bacaan bagi mereka yang tertarik atau memerlukan tambahan pengetahuan mengenai sistem inovasi. Sebagai penyusun telah bertindak Dr.Ir. Tatang Akhmad Taufik, seorang ahli dalam kebijakan teknologi.

Atas segenap jerih payah kerjasama, dukungan dan bantuan dari pihak- pihak yang terlibat dalam persiapan dan penerbitan buku ini, kami mengucapkan terima kasih. Kami berharap buku ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi segenap pihak yang berkaitan dengan kegiatan ilmu pengetahuan, riset dan teknologi, khususnya dalam penguatan Sistem Inovasi Nasional Indonesia yang berkelanjutan.

Jakarta, September 2010

Ketua Dewan Riset Nasional

 

Prof.Dr.Ir. Andrianto Handojo