BERITA DRN TERKINI

 

Komisi Teknis Pangan dan Pertanian Dewan Riset Nasional (DRN) melakukan kunjungan ke Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (17/10).

Rapat dibuka oleh Bapak Fadjry Djufry - Kepala Badan Litbang Pertanian. Mengawali sambutannya menyampaikan bahwa rapat Komtek Pangan dan Pertanian ini sengaja di selenggarakan di Balittri, dalam upaya lebih memaknai topic bahasan tentang Bioenergi, khususnya Biodiesel yang telah dikembangkan di Balittri dengan memanfaatkan bahan baku minyak kemiri sunan dan juga minyak sawit / crude palm oil (CPO). Pada rapat ini juga dihadiri peserta dari berbagai instansi terkait di lingkungan Kementerian Pertanian, antara lain Kepala Balittri dan jajarannya, Puslitbang Pertanian dan Perkebunan, Balai Penelitian  Kelapa dan Palma.

Selanjutnya disampaikan juga  fasilitas penelitian yang ada di Balittri beserta hasil-hasil risetnya, antara lain: (i) Pilot Plant Biodiesel dengan kapasitas 1.600 liter per hari, yang sudah mampu memproduksi B-100, fasilitas pembibitan (tanaman kopi, tanaman coklat), pasca panen kopi dan pasca panen coklat.

Pada kesempatan rapat komtek pangan dan pertanian di Balittri, para peserta rapat juga diberi kesempatan untuk mengunjungi fasilitas riset di Balittri yang terdiri dari atas :

1) Pilot Plant Biodiesel berbasis minyak nabati (kemiri sunan, sawit) dengan kapasitas produksi 1.600 liter/hari. Pilot Plant ini telah berhasil memproduksi biodiesel untuk B20 s/d B100 sehingga pilot plant ini siap untuk di scale-up dan direplikasi di daerah lain untuk mendukung program 'energy mandiri' di daerah.

2) Pembibitan tanaman kopi dan tanaman kakao. Telah dihasilkan jutaan bibit tanaman khususnya kopi dan kakao yang telah dikirim ke berbagai daerah di Indonesia.

3) Proses pasca panen kopi dan kakao. Telah berhasil memproduksi berbagai jenis bubuk kopi, coklat dengan berbagai merk (Arabika, Robusta, Rabitta, Kakao) dan Coklat Cetak.

(SPH)

 
Foto Lainnya