BERITA DRN TERKINI

Rabu 31 Oktober 2018, Rapat Komisi Teknis TIK yang ke 4 dilaksanakan di Ruang Rapat Sekretariat DRN Gedung BPPT 1 Lantai 1, Jakarta. Rapat dibuka oleh Basuki Yusuf Iskandar Mengucapkan terima kasih kepada peserta rapat yang sudah hadir, beliau juga menyampaikan rapat kali ini merupakan penyusunan draft TOR FGD Komisi Teknis TIK.

Penyusunan Draft TOR FGD TIK 2018 diawali dengan latar belakang bahwa kemajuan TIK dalam industri telah melahirkan Era Industrialisasi ke 4 (Industry 4.0) yang dicirikan oleh pemanfaatan 5 teknologi kunci yaitu Kecerdasan buatan, Internet of Things (IoT), Wearable, Advance Robotic, dan Cetak 3 Dimensi yangakan mempengaruhi berubahnya rantai nilai (value chain) dan peran para pelaku didalamnya. Untuk itu diperlukan persiapan dan antisipasi terhadap berbagai kemungkinan, sehingga dapat meminimalisir dampak negatif dan memaksimalkan manfaat kemajuan teknologi tersebut bagi kesejahteraan rakyat dan bangsa. Menghadapi perkembangan industri yang saat ini telah masuk pada era Industri 4.0, maka FGD TIK mengambil tema: “RISET DAN INOVASI BIDANG TIK MEMASUKI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0”.

Focus Group Discussion Komtek Teknologi Informasi dan Komunikasi akan dilaksanakan pada hari Rabu, 14 November 2018, Pukul 08:30 WIB-13:30 WIB, bertempat di Jaya Room Sari Pacific Hotel Jakarta, Jl. M.H. Thamrin No. 6, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat. Sasaran dari FGD ini diharapkan dapat menghasilkan rumusan pemikiran dan rekomendasi tentang strategi menghadapi era industri 4.0 dan ekonomi digital.

Beberapa Topik yang akan dibawakan oleh nara sumber, yaitu :(i) Pengembangan infrastruktur dan Tata Kelola TIK Nasional untuk Industri 4.0; (ii)Pengembangan Teknologi, Aplikasi, Konten, dan Internet untuk Industri 4.0;(iii)Kajian penyiapan SDM dan kesiapan masyarakat di Era Digital dan Industri 4.0; (iv)Pemanfaatan TIK mendukung pengembangan SME Lokal (E-Commerce, E Banking dan lain-lain); (v)Kebijakan integrasi/sharing data antar Kementerian dan Lembaga. Keynote oleh Dr. Muhammad Dimyati (Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti) dan Dr. Ir. Bambang Setiadi, IPU (Ketua Dewan Riset Nasional). Narasumber yang akan mempresentasikan: (i) Dr. I Gusti Putu Suryawirawan (Kementerian Perindustrian); (ii) Dr. Putu Juli Ardika (Kementerian Perindustrian); (iii) Yudho Giri Sucahyo, S.Kom, M.Kom, Ph.D (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia); (iv) William Tanuwijaya (CEO Tokopedia)

 

Penutup :

·      Seharusnya FGD Komisi Teknis TIK digabung dengan FGD Komisi Teknis Sosial Humaniora karena Industry 4.0 tidak akan berjalan lancar jika SDM tidak memiliki 1 tingkat lebih tinggi dari Industri 4.0 .

·      Demi terciptanya Industri 4.0, kita harus menyambut kedatangan Society 5.0.

(K)

 

 
Lihat Foto Lainnya