BERITA DRN TERKINI

Senin 23 Juli 2018, Rapat komisi Teknis Material Maju Dewan Riset Nasional yang kedua dilaksanakan di Ruang Rapat DRN Gedung BPPT 1 Lantai 1, Jakarta.

Acara diawali pembukaan dari Ketua Komtek Material Maju DRN yang menyampaikan bahwa agenda Komtek Material Maju bulan depan akan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) mengenai "Konsep Making Indonesia 4.0".

Acara selanjutnya diskusi dari anggota komtek Material Maju yang hadir pada hari tersebut, yang mana didalamnya membahas bahwa Revolusi Industri 4.0 melibatkan penggunaan berbagai teknologi maju seperti Artificial Intelligence (AI), Robotics, Blockchain and 3D Printing, yang mengharuskan trtansformasi sosial, ekonomi dan sistem politik yang akan menjadi tekanan berat bagi Pemerintah dan Swasta pengambil keputusan. Revolusi Industri 4.0 mendorong perubahan kebijakan dan peraturan, yang lebih lincah, perlu iterasi cepat dan eksperimen.

Secara sederhana prinsip "Making Indonesia 4.0" dapat disampaikan sebagai berikut :

  • Terdiri dari 5 Fokus Sektor
  • Ditunjang oleh 10 pilar Prioritas Nasional

FGD Komtek Material Maju nantinya bertujuan untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan konsep Making Indonesia 4.0 dan langkah implementasinya, Mengumpulkan pengalaman negara lain dalam membuat kebijakan industri dan membangun kemampuan IPTEK dna Inovasi sehingga Industri dapat berkembang secara berkelanjutan, Bagaimana pemanfaatan bahan baku dan material maju nasional untuk substitusi import, Bagaimana menjamin terjadi sinergi antar seluruh aktor yang akan mengimplementasikan Making Indonesia 4.0, Apa kendala yang akan dihadapi dalam implementasi Making Indonesia 4.0 dan serta apa Pelajaran dari MP3EI yang bisa diambil agar kegagalan tidak terulang. (K)


 

 
Lihat Foto Lainnya