BERITA DRN TERKINI

 

Pada hari Rabu tanggal 23 Mei 2018 Litbang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkunjung ke Dewan Riset Nasional untuk berdiskusi mengenai permasalahan penelitian di Indonesia. Diskusi tersebut merupakan bagian dari Pelaksanaan Tugas KPK menurut UU No 30 Tahun 2002 pasal 6 Huruf e mengenai pelaksanaan kajian terhadap sistem pengelolaan administrasi di semua Lembaga Negara dan Pemerintah.

Diskusi bertempat di ruang rapat Dewan Riset Nasional sebagai tuan rumah Ketua Dewan Riset Nasional Bambang setiadi dan Sekretaris DRN Iding Chaidir menerima rombongan Direktorat Litbang KPK yang dikepalai oleh Lutfi A Sukardi.

Direktorat litbang KPK berada di bawah Deputi Pencegahan Korupsi, saat ini sedang melaksanakan Kajian pengelolaan dana riset. Maksud kedatangan dan diskusi dengan DRN adalah ingin memahami bagaimana permasalahan serta lingkungan penelitian di Indonesia.

Direktorat Litbang KPK melihat bahwa dana penelitian lembaga riset, memiliki dana yang besar. Sayangnya pengelolaan dana riset tidak dapat dikelola satu pintu sehingga berpotensi adanya penyelewengan dana. Diskusi difokuskan menggali informasi mengenai regulasi dan sistem penelitian, dan sistem pendaan riset di Indonesia.

Dalam diskusi Ketua dan Sekretaris DRN menjelaskan mengenai tugas serta fungsi Dewan Riset Nasional dimana salah satunya  menyusun dan menerbitkan Agenda Riset Nasional (ARN) sebagai pedoman bagi lembaga penelitian di Indonesia. Selain menjelaskan peranan, tujuan serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaaan ARN. Diskusi tersebut turut menyoroti permasalahan yang dihadapi peneliti dan ragam penelitian dilaksanakan di Daerah, Universitas serta Lembaga Penelitian di bawah Kementerian.

Dalam waktu dekat KPK dan DRN mengagendakan diskusi lanjutan mengenai permasalahan penelitian di Indonesia. (AW)

 

 

 
Lihat Foto Lainnya