BERITA DRN TERKINI

Senin tanggal 21 Mei 2018, Universitas  Negeri Tidar dari Kota Magelang berkunjung ke Dewan Riset Nasional ( DRN ) di Jakarta. Universitas Negeri Tidar diwakili oleh Rektor dan tiga Dosen dari Universitas Negeri Tidar dan bertemu langsung dengan Ketua DRN Bapak Dr. Ir. Bambang Setiadi, IPU dan Sekretaris DRN Bapak Dr. Ir. Iding Chaidir, M.Sc, Maksud dan tujuan dari Universitas Negeri  Tidar ingin berkoordinasi dengan Dewan Riset Nasional terkait riset universitas, yang ada dikota Magelang dalam membahas masalah-masalah yang ada diKota Magelang dan mencari solusi dari masalah yang ada. Bagaimana mengembangkan dan mengelola kawasan digunung merapi yang suka erusi? Dan adanya perbedaan erupsi dari tiap gunung. Ada 4 gunung merapi di Magelang. Komuditi makanan di Magelang adalah getuk. 

Ketua DRN mengatakan dalam melakukan riset diuniversitas, Universitas Negeri Tidar harus dapat mengundang stake holder universitas Negeri terkait yang ada didaerah sekitar untuk menyatukan suara membahas masalah-masalah yang ada disekitar Magelang, seperti Universitas Gajah Mada, Universitas Muhammadiyah Magelang, Universitas Tidar Magelang dll,   dengan membuat seminar bersama dimana hasil dari seminar tersebut harus ada kesepakatan bersama dari berbagai universitas dengan ditanda tangani dari semua Rektor Univeritas.  Magelang merupakan kawasan yang dikelilingi gunung merapi yang aktif. Dalam mengelolanya kita dapat melihat dan mencontoh pengelolaan gunung di Genewa yang memanfaatkan gunung menjadi pusat pariwisata. Jadi adanya gunung merapi dikawasan Magelang dapat dikembangkan Universitas sekitar menjadi pusat unggulan iptek mengenai riset gunung merapi dan pemanfaatannya, dimana vulkanik gunung merapi dapat menjadikan kawasan sekitarnya tumbuh subur, oleh karenanya dapat dilakukan riset mengenai unsur-unsur vulkanik yang membuat tanah bisa subur, didalam rencana seminar bersama berbagai universitas sebaiknya harus sudah membuat data lokasi dan Design yang tepat. Dan Bisa juga mengundang dari DRN ( Dewan Riset Nasional),  PUI ( pusat unggulan iptek ), Direktur Teknopark sebagai masukan dan  bahan pertimbangan. 

Sekretaris DRN mengatakan dalam pengembangan kawasan gunung merapi harus dapat menggabungkan dari berbagai ilmu penelitian dari komuditi yang ada yang sesuai dengan program Pemerintah Daerah. Sehingga dari hasil iptek dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar karena kawasan merapi dapat dijadikan menjadi kawasan pariwisata, seperti wisata kesehatan berupa terapi menggunakan  gunung merapi untuk kesehatan yang biasa dilakukan masyarakat sekitar dan wisatawan Seperti kawasan wisata digunung Bromo yang dimanfaatkan pemerintah daerah dan warga sekitar menjadi kawasan wisata.      ( FA )

 

 
Lihat Foto Lainnya