BERITA DRN TERKINI

 

Jumat 13 April 2018, Tim Adhoc Dewan Riset Nasional ( DRN ) mengadakan rapat ke 4, bertempat diruang rapat DRN Gedung Menko Maritim di Jakarta, rapat diawali pembukaan oleh Ketua DRN Bapak Dr. Ir. Bambang Setiadi, IPU, yang meminta tim ad hoc DRN untuk memberikan masukan dan pemikirannya dalam membuat perumusan pasal-pasal rancangan undang-undang inovasi yang diusulkan DRN ke DPR RI. Undang-undang Inovasi yang diusulkan DRN adalah dalam rangka meningkatkan kapasitas inovatif, menciptakan kondisi yang memadai untuk mendorong lebih banyak perusahaan untuk berinvestasi dan terlibat dalam perkembangan teknologi saat ini.

 

Undang-undang Inovasi diharapkan dapat memberikan :

  1. Kerangka hukum yang diperlukan untuk meningkatkan kapasitas Negara untuk menghasilkan dan mengkomersialisasikan teknologi
  2. Insentif untuk meningkatkan pembentukan kaitan kerjasama antara lembaga-lembaga publik ilmu pengetahuan dan teknologi ( STI ) dan perusahaan
  3. Mengatur penggunaan dan negosiasi IP yang dihasilkan dari kegiatan kolaborasi antara STI dan perusahaan
  4. STI dapat mempercepat proses perizinan dan memilik mitra terbaik
  5. Menegisiasikan penggunaan laboratorium oleh UKM ini tentu akan memudahkan R&D diantara perusahaan-perusahaan kecil untuk mengembangkan dan  melaksanakan proyek-proyek inovatif.

 

Tujuan Undang-undang Inovasi :

“ Membangun strategi baru dan kemauan politik negara yang kuat untuk mengembangkan sistem Inovasi dan meningkatkan daya saing nasional dengan mendorong industry menuju ekonomi yang berbasis ilmu pengetahuan “ .

 

  Kesimpulan :

  •  Meningkatkan level koordinasi ( China, Brazil, Korea, Finland )
  • Tujuan membangun ekonomi berbasis ilmu pengetahuan ( China, Brazil, Korea ) untuk meningkatkan daya saing
  • Membangun unit baru dengan wewenang program, Budget, evaluasi
  • Dipimpin Presiden, Kementerian Keuangan, Kementerian perencanaan, Kemenristek, KemenIndustri
  • Membangun konsep Innovation system ditambah community untuk 4.0
  • Bisa diakomodir untuk pemerintah       ( FA )

 

 
Lihat Foto Lainnya