BERITA DRN TERKINI

Selasa 20 Maret 2018 Dewan Riset Nasional ( DRN ) Komisi teknis Teknologi, Informasi dan Komunikasi mengadakan rapat pertamanya ditahun 2018, rapat diawali  pembukaan ketua komisi teknis teknologi informasi dan komunikasi menyampaikan bahwa agenda kerja komisi teknis teknologi informasi dan komunikasi ditahun 2018  harus lebih aktif.

Adanya ketetapan Presiden mengenai Industri 4.0 yang harus diterapkan di Indonesia  semua Menteri membicarakan Industri 4.0 mengenai IOT (  Internet Of Things ) yang berbasis pada komputerisasi sebagai server kegiatannya dalam menghadapi digital ekonomi, seperti contohnya OLX, Traveloka, Gojek, Grab dll, yang selalu didukung lembaga keuangan yang bertujuan pada kenyamanan bagi para pengguna produk sehingga bermanfaat bagi masyarakat, .saat ini Pemerintah harus membuat dan  mengawasi Mengenai kebijakan di era digital ekonomi karena menimbulkan masalah-masalah baru, seperti saat ini digital ekonomi mengakibatkan penambahan jumlah import barang masuk ke Indonesia yang sudah mencapai 93% berdasarkan pantauan Detik.com, masalah pajak juga menjadi permasalahan Pemerintah, oleh karena itu DRN perlu adanya sumbangan pemikiran dan membuat regulasi penyelesaian masalah, sehingga perekonomian dapat berhasil digerakan dalam ekonomi real.

Di era digital ekonomi Pemerintah harus dapat mendorong masyarakat keekonomi kreatif, juga perlu mengembangkan IOT (Internet Of Things) untuk UKM, petani, nelayan dll sehingga mereka dapat meningkatkan produknya dan dapat bersaing, karena ancaman digital ekonomi sangat kecil 6% kontribusinya selebihnya sangat menguntungkan. Sektor Industri 4.0 meliputi : Otomotif, Mesin, Tekstil, Elektronik dan makanan dan minuman. Digital ekonomi sekarang ini perlu adanya UU industry dengan tujuan nasionalisme , kepentingan nasional bukan kepentingan pribadi, dalam menghadapi digital ekonomi DPR saat ini sedang membahas RUU kewirausahaan dan RUU Industri Kreatif. Dan adanya hubungan yang kuat antara bidang teknologi, informasi dan komunikasi dengan sosial humaniora mengenai dampak kerugian dan keuntungan penggunaan  IOT (Internet Of Things).     

Kesimpulan :

1.    Industri 4.0 di era Digital ekonomi

2.    RUU Kewirausahaan dan RUU industri kreatif

3.  RUU 18/2002 mengenai Sisnas Iptek untuk kemudian mengusulkan RUU Industri yang sangat terkait ( Antara lain Industri Digital, dll)

 ( FA )

 
Lihat Foto Lainnya