BERITA DRN TERKINI

Senin tanggal 27 November 2017, komisi teknis Pertahanan dan Keamanan Dewan Riset Nasional yang bekerjasama dengan Direktur Jendral Penguatan Inovasi melakukan FGD (Focus Group Discussion) Konsorsium Industri Pertahanan dan Keamanan, yang bertemakan “ Konsorsium Untuk Penguatan Kinerja Industri Pertahanan dan Keamanan”. Yang bertempat di Graha Pindad, PT. PINDAD, Jl. Gatot Subroto No. 517 Bandung Jawa Barat.  Pada FGD diawali dengan sambutan Ketua Komisi teknis Pertahanan dan Keamanan Dewan Riset Nasional (DRN) yang menyampaikan bahwa tema FGD ini adalah Konsorsium Untuk Penguatan Kinerja Industri Pertahanan dan Keamanan. Tujuan FGD ini adalah untuk mendapatkan masukan dalam rangka membangun Konsorsium industri yang kompeten, dengan mererapkan konsep utama inovasi yakni Inovasi = Invensi*Komersialisasi. Oleh karena itu pada FGD ini mengundang Narasumber yang relevan para stakeholder yang terkait dibidang Pertahanan dan Keamanan.

Kegiatan riset selama ini dinilai masih terfokus pada output invensi dan publikasi, sehingga tidak sampai pada Komersialisasi. Untuk itu, pada FGD ini diharapkan bahwa invensi yang telah dihasilkan dapat dihilirasi di industri. Dalam hal ini adalah Industri Hankam di PINDAD yang pengunanya terutama adalah TNI dan POLRI. Namun demikian konsep konsorsium dengan menghimpun ABG tetap diberlakukan. Berbagai produk dari PINDAD difokuskan untuk produk-produk khusus yang dibutuhkan oleh TNI dan Kepolisian, sehingga diperlukan penguasaan teknologi. Produk-produk PT. PINDAD tersebut yang akan diproduksi sampai tahun 2024, adalah: (i) Komodo, (ii) Anoa, (Badak, Amphibius), dan (iv) Tank Medium .

Untuk melaksanakan program tersebut telah disusun peta jalan (roadmap) untuk masing-masing produk, dan juga dilaksanakan melalui kerjasama dengan berbagai instansi litbang di dalam negeri dan melalui kerjasama internasional dengan prinsip saling menguntungkan. Pada kesempatan ini diharapkan berbagai masukan untuk proses hilirisasi dan industrialisasi produk-produk Hankam. Bagaimana untuk mendorong inovasi, arah kebijakan dan strategi dan terutama dukungan Kemenristekdikti untuk akselerasi dan penguatan industri Pertahanan dan keamanan. ( SP/FA )

 
Lihat Foto Lainnya