BERITA DRN TERKINI

Pada hari Kamis 2 November 2017,  DRD Kabupaten Sumba berkesempatan berkunjung dan bertemu dengan Sekretaris Dewan Riset Nasional Iding Chaidir. Pada kesempatan tersebut DRD Kab Sumba menyampaikan bahwa Kabupaten Sumba melalui Bappeda Kabupaten, baru saja melantik anggota  Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Sumba Periode 2017 – 2021.

Arief Witarto, Ketua DRD Kabupaten Sumba meminta arahan dari DRN terkait kelembagaan Dewan Riset di Daerah. Keberadaan DRD di Kabupaten Sumba terbilang baru sehingga masih perlunya belajar dari Dewan Riset di Daerah lain. Jejaring riset merupakan isu lain yang disampaikan. Mereka mengungkapkan keinginan untuk memperluas jejaring di bidang akademisi, pemerintahan, bisnis maupun komunitas .

Menanggapi permasalahan yang ada, Sekretaris DRN memberi beberapa masukan antara lain perlunya DRD memiliki website. Melalui website, DRD dapat mempromosikan kegiatan yang dilakukan. Hal tersebut dapat membuka banyak peluang bagi DRD, salah satunya adalah jejaring riset.

Saran lain yang diberikan yaitu perlunya Dewan Riset Daerah membentuk forum komunikasi regional. Melalui forum komunikasi tersebut, drd dapat bertemu dan mengatasi masalah regional secara bersama-sama. Contohnya adalah Forum Komunikasi DRD Regional se-Sumatera dimana pada  tahun ini, memfokuskan dalam mengatasi permasalahan Ubi Kayu.

Pada akhir pertemuan Sekretaris Dewan Riset Nasional berpesan agar daerah perlu terus menerus melakukan inovasi. Melalui inovasi di berbagai bidang, daya saing daerah dapat meningkat sekaligus mensejahterakan masyarakat. (AW)