BERITA DRN TERKINI

Pada hari Jumat tanggal 13 Oktober 2017, Komisi teknis Pangan dan Pertanian Dewan Riset Nasional mengadakan rapat kerja diRuang rapat Dewan Riset Nasional di Jl. M.H. Thamrin No.8 di Jakarta. Yang dihadiri para anggotanya, Dalam rapat kali ini dalam rangka menindak lanjuti rapat Badan Pekerja yang dilakukan Dewan Riset Nasional apa-apa masukan dari Komisi Teknis pangan dan pertanian. Guna mempersiapkan pembentukan Konsorsium pangan dan pertanian yang akan diusulkan disidang paripurna II ( Kedua ) di Jakarta.

Menurut Ketua Komtek, selama ini telah dapat diidentifikasi berbagai isu strategis/ nasional yang dapat diusulkan untuk usulan konsorsium. Usulan konsorsium inovasi industri ini tidak saja untuk pengembangan produk hilir tetapi juga dapat menghasilkan produk yang di dalam sistem pertanian menyelesaikan permasalahan di hulu, misalnya masalah bibit palsu dengan deteksi gen dan saprodi/ mekanisasi. Oleh karenanya, maka berdasarkan nomenklatur konsorsium dibagi dalam 3 tingkatan, yaitu Tema, Topik dan Judul. Berbagai contoh isu / tema tersebut adalah: (i) Palm Oil baik di hulu (benih/ plasmanutfah) sampai di hilir (hilirisasi produk sawit), dan (ii) ICT dan Intellegence System for Agriculture.

      Kesimpulan Rapat :

1)    Pemahaman Konsorsium mempunyai 3 tingkatan, tingkatan, yaitu Tema, Topik dan Judul atau proyek

2)    Masing-masing Anggota DRN agar dapat menyiapkan / merancang  draft usulan Konsorsium (Pimpinan, Anggota, Pembagian Kerja, dan sebagainya) sesuai dengan kompetensi masing-masing sebagaimana dibahas di atas dan selanjutnya akan didiskusikan lebih lanjut pada rapat tanggal 24 Oktober 2017, guna menentukan usulan konsorsium yang akan dikirim ke Kemenristekdikti

3)    Rapat lanjutan akan diselenggarakan tanggal 24 Oktober 2017

4)    Knowledge management DRN pada periode ini yang merupakan buah pemikiran agar dapat dikelola dengan baik untuk dapat dimanfaatkan pada DRN yang akan datang.

( FA )

 
Lihat Foto Lainnya