BERITA DRN TERKINI

 

Pada hari Rabu tanggal 26 Juli 2017, Dewan Riset Nasional melakukan audiensi dengan Menterir PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional di Ruang Rapat Menteri Gedung BAPPENAS, Jl. Taman Suropati No. 2 Jakarta. Audiensi dihadiri oleh Prof. Dr. Bambang. P.S. Brodjonegoro (Menteri PPN/Kepala BAPPENAS), Dr. Ir. Arifin Rudiyanto, M.Sc (Deputi Bidang Kemaritiman dan SDA), Dr. Diani Sadia Wati, SH, LLM (Staf Ahli Menteri PPN Bidang Hubungan Kelembagaan),Dr. Ir. Bambang Setiadi, IPU (Ketua DRN), Dr. Ir. Iding Chaidir, M.Sc (Sekretaris DRN), Dr. Ir. Arnold Soetrisnanto (Ketua Komtek Energi DRN), Ir. Hardiv Harris Situmeang, M.Sc, D.Sc (Anggota Komtek Energi DRN), dan Ir. Budi Susanto Sadiman, M.Eng (Anggota Komtek Material Maju DRN).

Dalam rapat tersebut Ketua DRN memaparkan Pola Pemikiran Strategik Inovasi Untuk Daya Saing yang menjelaskan tentang fokus tugas DRN, Visi Kemenristekdikti, Inovasi dalan konteks SDG (Perpres 59/2017), Pentingnya UU Inovasi, Pendanaan Inovasi, Lembaga Inovasi, dan Projek Inovasi. Setelah pemaparan, Menteri PPN/Ketua Bappenas menanggapi positif pemikiran DRN, dan berpendapat bahwa untuk memajukan inovasi tidak perlu membuat Undang-undang baru dan Lembaga baru, tetapi cukup dengan mengoptimalkan sistem yang sudah ada. Beliau juga menanggapi bahwa Kementerian PPN/BAPPENAS sedang menyusun konsep Sistem Inovasi Nasional (SIN) yang dikoordinir oleh Deputi Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan (PMMK). Dalam kesempatan itu, Menteri PPN/BAPPENAS menugaskan Deputi PMMK bertemu DRN untuk memperoleh masukan dalam rangka mematangkan konsep SIN.

Dalam akhir rapat, DRN menjelaskan DRN akan membahas secara khusus topik UU Inovasi dalam Sidang Paripurna/ Seminar tanggal 9 Agustus 2017 di Makassar, dengan mengundang seluruh stakeholder dari berbagai daerah dan mengundang Bapak Menteri PPN/BAPPENAS memaparkan kembali hasil tanggapan hari ini di acara tersebut. (Notulensi IC/K)

 
Lihat Foto Lainnya