BERITA DRN TERKINI

1.   Arah dan Prioritas Utama Pembangunan Iptek Bidang Transportasi

    Peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana transportasi antarkota baik inter maupun antar pulau (matra air, darat, maupun udara).

    Upaya mengatasi kemacetan lalu lintas di wilayah perkotaan.

    Iklim investasi dan pembiayaan sektor transportasi, dan peningkatan peran serta masyarakat (antara lain pola public-private partnership).

    Dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), penggunaan material baru yang ringan, penyempurnaan sistem propulsi

     yang hemat bahan bakar, pengendalian pencemaran udara dari gas buang dan desain produk yang lebih ergonomis dan manusiawi.

    Penggunaan produk lokal dalam sektor transportasi agar peran industri dalam negeri dapat bertahan dan bahkan ditingkatkan pada era pasar global.

    Penyediaan moda angkutan yang berkapasitas besar (angkutan massal) yang efisien dan efektifuntuk transportasi perkotaan.

    Solusi agar kontribusi transportasi terhadap pencemaran lingkungan dapat diminimalkan untuk menunjang sistem transportasi yang berkelanjutan.

    Desain hub and spoke dan prioritas kawasan tertentu sebagai kawasan ekonomi khusus untuk menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi.

    Sistem logistik yang tepat dan efisien dalam pembangunan berbasis kawasan dan regional.

    Sistem transportasi yang mempertimbangkan aspek kemanusiaan dan keadilan.

 2.   Kebijakan Strategis Pembangunan Iptek Bidang Transportasi 

    Sinkronisasi penelitian, pengembangan dan kerekayasaan di bidang transportasi dengan rencana jangka menengah dan panjang pembangunan transportasi yang dicanangkan pemerintah cq Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perindustrian.

    Menindaklanjuti amanah Undang undang no 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan,

    Merintis pusat riset perkeretaapian sesegera mungkin sebagaimana telah dilaksanakan oleh Jepang, Australia, Korea dan India,

 

                Mengarahkan semua kegiatan iptek bidang transportasi untuk menghasilkan produk-produk riset yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk-produk industri, dan atau menopang industri nasional.